Sabtu, 05 Maret 2011

Sedikit tentang Administrasi Negara

Aku seorang mahasiswi Jurusan Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjajaran . Sedikit bercerita latar belakang aku dengan jurusan ini . Dulu aku seorang IPA, tapi di berbagai kesempatan aku semakin menyadari bahwa aku tidak cocok di bidang science -____- meski pelajaran yang aku minati sendiri matematika dan biologi, tapi tidak untuk FISIKA hahah.

Berlanjut nasibku yang menginginkan duduk dibangku kuliah, dan aku “banting stir” ke IPS . Mengenai jurusan aku bingung, karena kondisi aku sebagai IPS “amatiran”. Dan entah mengapa pilihan itu jatuh kepada Administrasi Negara.Pendek cerita aku lulus SNMPTN 2010 dengan jurusan itu.

Pertama aku kuliah, aku berfikir ini jurusan tentang apa? Ngapai aja sih? Belajar apa? Prospek kerjanya kemana ? Administrasi Negara sendiri merupakan ilmu yang mempelajari Organisasi dan Manajemen secara umum . Hampir menyerupai belajar Manajemen , sehingga sempat diwacanakan bahwa Admnistrasi Negara sendiri seharusnya berada di naungan Fakultas Ekonomi.


Di berbagai tempat Administrasi Negara sendiri mempunyai nama lain, seperti di Universitas Diponegoro  memakai nama Administrasi Publik, sedangkan di UGM sendiri memakai nama Manajemen Kebijakan Publik .Fokus dan Lokus Administrasi Negara sendiri adalah Fokusnya mengenai Organisasi dan Manajemen. Bagimana kita dididik menjadi seorang birokrat yang berintegritas. Sedangkan Lokusnya sudah pasti masyarakat.Prospek Kerja Administrasi Negara sendiri cukup luas, bisa masuk di berbagai bidang Institusi Pemerintah , seperti BAKN.Depdagri,PEMDA,BAPENAS,BAPEDA,SEKNEG dll.

Dan faktanya adalah peminat Administrasi Negara Unpad khusunya tergolong tinggi..

untuk tahun 2011 sendiri..

KodeProgram StudiUjian TulisUndanganKet.
Daya TampungPeminat Tahun LaluDaya Tampung
362012Ilmu Hukum324254577
362026Akuntansi125288731
362034Ekonomi Pembangunan101116925
362042Manajemen125279431
362056Ilmu Administrasi Negara62140617
362064Ilmu Hubungan Internasional72136319
362072Ilmu Kesejahteraan Sosial4738612
362086Ilmu Pemerintahan6088716
*sumber snmptn.ac.id

Hm, kalau kata dosen saya, “siapa yang mau masuk jurusan Administrasi Negara harus berfikir 2 kali” hal itu dikatakan karena Administrasi Negara mempelajari begitu banyak dasar ilmu, dan cenderung melebar. Dengan kata lain "Sedikit tahu tentang banyak hal". Tidak percaya? Dibawah ini dilampirkan Mata kuliah Jurusan Administrasi Negara

No
Sandi
Th Kur
Matakuliah
SKS
1
A10101
1
Sistem Hukum Indonesia
3
2
A10102
1
Pengantar Ilmu Hukum
2
3
A10202
1
Hukum Perdata
2
4
A10204
1
Hukum Tata Negara
2
5
A10303
1
Hukum Administrasi Negara & Antar Wewenang
2
6
A10304
1
Hukum Administrasi Negara
2
7
A10311
1
Masyarakat dan Hukum Perburuhan
2
8
B1B111
1
Pengantar Ilmu Ekonomi
2
9
B1B492
1
Sistem Ekonomi Indonesia
3
10
G1A101
1
Dasar-dasar Ilmu Administrasi
2
11
G1A102
1
Pengantar Ilmu Administrasi Negara
3
12
G1A103
1
Sejarah Pemerintahan dan Teori Administrasi
2
13
G1A201
1
Administrasi & Pengetahuan Pajak
2
14
G1A202
1
Pengantar Statistik Sosial
3
15
G1A203
1
Asas-asas Akunting
2
16
G1A204
1
Sistem Administrasi Negara Indonesia
2
17
G1A205
1
Statistik Sosial Lanjutan
2
18
G1A206
1
Perilaku Organisasi
3
19
G1A207
1
Human Relation dalam Administrasi
2
20
G1A208
1
Asas-asas Manajemen
3
21
G1A209
1
Teori Administrasi Negara
2
22
G1A301
1
Organisasi & Manajemen
3
23
G1A302
1
Etika Administrasi Negara
3
24
G1A303
1
Analisa Manajemen
2
25
G1A304
1
Manajemen Perkantoran
2
26
G1A305
1
Komunikasi & Hubungan Masyarakat (Purel)
2
27
G1A306
1
Teknologi Administrasi
2
28
G1A307
1
Metode Penelitian Sosial
3
29
G1A308
1
Teori-teori Organisasi
2
30
G1A309
1
Sistem Informasi Manajemen
3
31
G1A310
1
Administrasi Pembangunan
3
32
G1A311
1
Administrasi Keuangan Negara
3
33
G1A312
1
Administrasi Usaha-usaha Negara
2
34
G1A313
1
Administrasi Kepegawaian Negara
3
35
G1A314
1
Ekologi Administrasi Negara
2
36
G1A315
1
Kepentingan Umum
3
37
G1A401
1
Teori Perencanaan & Pengendalian
2
38
G1A402
1
Ilmu Perbandingan Administrasi Negara
3
39
G1A403
1
Pengembangan Organisasi
2
40
G1A404
1
Kepemimpinan dalam Administrasi
3
41
G1A405
1
Filsafat Manajemen
2
42
G1A406
1
Perbendaharaan Negara
2
43
G1A407
1
Perencanaan & Pengendalian Keuangan Negara
2
44
G1A408
1
Akunting Pemerintahan
2
45
G1A409
1
Kebijakan Moneter dan Fiskal
2
46
G1A410
1
Pengembangan & Pengendalian Keuangan Negara
2
47
G1A411
1
Hubungan Keuangan Pusat & Daerah
2
48
G1A413
1
Planning Programing Budgeting System
2
49
G1A414
1
Administrasi Kepegawaian Negara Indonesia
3
50
G1A415
1
Analisis Jabatan
2
51
G1A416
1
Kesejahteraan dan Keselamatan Kerja
2
52
G1A417
1
Pengembangan Pegawai
2
53
G1A418
1
Administrasi Upah/Gaji & Pensiun
2
54
G1A419
1
Pengembangan & Pendayagunaan Pegawai
2
55
G1A420
1
Perencanaan Karier
2
56
G1A421
1
Teori Perencanaan Pembangunan
2
57
G1A422
1
Perbandingan Kebudayaan & Koordinasi Pem Indo
2
58
G1A423
1
Dinamika Pembangunan Ekonomi di Indonesia
2
59
G1A424
1
Administrasi Pembiayaan Pembangunan
2
60
G1A425
1
Manajemen Proyek
2
61
G1A426
1
Sistem Pengamanan & Pengendalian
2
62
G1A427
1
Administrasi Kepegawaian Usaha-usaha Negara
2
63
G1A428
1
Manajemen Industri
2
64
G1A429
1
Manajemen Pemasaran
2
65
G1A430
1
Sistem Akutansi
2
66
G1A431
1
Manajemen Keuangan
2
67
G1A432
1
Manajemen Sumber Daya Manusia
3
68
G1A440
1
Analisa Dampak Lingkungan
2
69
G1A501
1
Ristek & Seminar Administrasi Negara
2
70
G1A502
1
Skripsi
6
71
G1B401
1
Organisasi & Administrasi Internasional
2
72
G1C201
1
Sistem Sosial Budaya Indonesia
3
73
G1C301
1
Psikologi Sosial
2
74
G1C306
1
Metodologi Pekerjaan Sosial 1
2
75
G1C312
1
Studi Kependudukan
2
76
G1D101
1
Pengantar Ilmu Politik
3
77
G1D102
1
Asas-asas Ilmu Politik
2
78
G1D201
1
Sistem Politik Indonesia
3
79
G1D208
1
Komunikasi Politik Pemerintahan
2
80
G1D402
1
Kebijakan Publik
3
81
G1E103
1
Pengantar Antropologi
3
82
G1E150
1
Pengantar Sosiologi
3
83
G1E156
1
Dasar-dasar Logika/Filsafat
3
84
G1E256
1
Filsafat
2






Hm,sedikit pandangan umum Administrasi Negara..

oh ya aku tambahin lagi deh, karena berhubung banyak nanya yang tentang kementrian luar negeri.An bisa ga ya kerja disana ? ini jawabnnya..

63 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Hai Citra, perkenalkan saya juga mahasiswa AN. saya sangat suka dengan tulisan kami ini :) sangat menginspirasi

    BalasHapus
  3. wah, kaka aku juga anak ipa dan sama seperti kaka aku ga suka fisika . tapi aku suka biologi ama matematika
    sekarang juga aku pengen masuk jurusan ilmu administrasi negara soalnya aku ngerasa itu pas dengan akuu. huhuh

    BalasHapus
  4. hai angga !
    salam mahasiswa AN yaaa :) selamat menjalani sebagai administrator muda hehe

    hai elsaaa :)
    kamu masuk AN ya? di universitas mana ?
    Selamat ya menjadi administrator muda hehe

    BalasHapus
  5. hai Citra :) aku juga mahasiswa AN :D
    dan sama seperti kamu dari IPA banting stir ke IPS.. :D

    BalasHapus
  6. Wahaha halo eka :) Selamat menikmati dunia administrator muda ya !

    BalasHapus
  7. Menurut kaka sendiri AN itu asik nggak??

    BalasHapus
  8. selama kamu bisa mendalami setiap mata kuliah dan sudah tau mau jadi apa pasti asik asik saja kok :)

    BalasHapus
  9. Hahaha sama banting stir malah bnyak yang bilang aneh lah gak cocok lah tp itulah sudah menjadi keputusan kita dan hrus dijalani dengan syukur ...
    ... Salam Administrator Muda ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo ferdy, salam kenal :)
      Salam Administrator Mudayah (y)

      Hapus
  10. salam kenal kak,
    emang nggak susah kalo nggak punya ilmu IPS sama sekali? aku juga anak ipa. tapi disuruh ke Administrasi Negara nih -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo rebowage girl :)
      Sebenarnya susah si engga tergantung trik kita di SNMPTN. cthnya kalau aku dulu ga suka ekonomi, jadi aku hanya ngisi 1-3 soal ekonomi, tapi aku babat habis sejarah dan geografi (karna aku suka keduanya). hihi. jadi tergantung tehnik ita ajaaa

      Semangat

      Hapus
  11. maaf ka mau nanya, tips supaya suksek banting stir ke AN bagaimana ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Rachmie :)
      hahah sebenernya aku ngakak sendiri ngeliat pertanyaan kamu hihi..

      jadi kalau aku dulu pake tehnik. Aku fokusin (kuasain) mata pelajaran yg aku suka di IPS. ex: Geo dan Sejarah. nah kayak eko dan sosio aku cuma isi 2-3 soal ajah.. begitu seterusnya dengan mata pelajaran yang lain..

      hihi semoga suksesss

      Hapus
  12. sok ceria banget deh looo .. hmmm

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini orang kenapa??? ckckck

      Hapus
  13. masuk jurusan AN susah gak siih?? terlepas dari kita suka sama jurusan tersebut atau gak lo kak.. soalnya kan setiap jurusan ada kesulitannya masing" , nah di AN ini termasuk sulit gak kak?? tq ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo,Tasya!

      Jurusan AN hanya ribet sedikit saja.
      Tau sedikit tentang banyak hal :D
      jadi kita mempelajarin semuaaaaaa, namanya juga u/ ngurusin negara :P haha..

      tapi kalau dinikmatin asik asik aja ko :D

      Hapus
  14. prospek kedepanya gimana kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, Ira :)
      kalau ditanya prospek kedepan, absolutely AN u/ CPNS dapat diterima disetiap kementrian/ departemen :)

      Hapus
  15. salam kak...

    Sama nih, Saya juga dari IPA tapi mau banting stir ke IPS..
    mau tanya.. apakah bisa, setelah lulus AN kita bekerja d Deplu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo olla :)

      lulusan AN bisa kerja disetiap kementrian :)
      khususnya Deplu (sekarang jadi kemenlu)
      u/ lulusan hub Internasional dan Administrasi negara sangat dibutuhkan :)

      Hapus
  16. Kak, ada twitter ato pin bb ga? Mau nanya2 ttg kuliah AN nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa follow aku di @citrawv ya :)

      Hapus
    2. jarang buka blog ya kak? hehe. alhamdulillah kmrn snmptn undangan aku diterima fh undip ;)

      Hapus
  17. hallo kak citra.. aku juga anak ipa yg masuk AN agktan 2012 di UNS.
    tapi masalahnya sampe skrg aku msh bingung dgn tujuanku masuk AN ini. Kmrn asal aja milihnya..trus skrg agk nyesel gitu.
    perlu pencerahan dan motivasi nih.. pls encourage me T_T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh maaf ya lama baleeesss T_T
      Kalau menurut aku kamu adaptasi lingkungan, baru adatasi mata kuliah.
      kalau kamu udah nyaman dgn lingkungan kamu, di jamin fikiran kamu fresh buat nerima pelajaran.
      nah saran aku coba teliti, ditempat kerjamana yang ga nerima administrasi negara? ehehe, semua butuh!

      Hapus
  18. Ka mau tanya, saya kurang ahli dalam bidang Matematika (bisa dibilang lemah) . Nah gimana kira2 kalo masuk AN ? Cocok atau ngga? Apa ada alternatif jurusan lain yg ngga berhubungan dengan hitung2an ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita dikuliah hanya dapet 3 sks mata kuliah statistika kok,so tenang aja. kalau kamu ngehindari matematika ga bisa Alfi. Soalnya disetiap jurusan pasti belajar statistika minimal 2sks..

      Hapus
  19. mau tanya nie....saya calon mahasiswa AN Jg ni
    saya sdh keterima alias lolos snmptn nie...tapi aqu disuruh msuk jurusan lain ajj..soal nya jurusan yg brhubungan pemerintah seperti ini sudah sdh diminati sama kakaqu,,so saya dsruh pindah jurusan lgi yg berbeda..
    solusinya dong

    BalasHapus
  20. Hallo kak mau minta info nih :) dulu waktu snmptn kaka pilih yg IPS atau IPC? Aku malah daftar IPC,apa itu sebuah kesalahan ka?hehe makasih :)

    BalasHapus
  21. minta solusi dong kak...... sbmptn aku pilih prodi AN tpi kok peminatnya banyak banget ya kak, yg ingin saya tanyakan gmna sih cara mengatasi hal semacam itu agar aku bisa lolos sbmptn di AN??????????????????????????

    BalasHapus
    Balasan
    1. dijilatt,diputar,dicelupinnnnnn emmmmmmm enaaakkkkkk

      Hapus
  22. Halo kak, salam kenal ya :)
    namaku bintang.
    cerita dikit, tahun 2013 ini aku ikut SBMPTN milih di UNPAD jurusan HI. tapi tuhan berkata lain, ketika aku liat pengumumanya.. eehh.. tau2nya si website udah minta maaf karna saya gak keterima :D
    rencana sekrang aku ikut PMB UNY jurusan AN. kebetulan karena kakak jurusan AN juga, nanya dikit nih ! faktor penunjang untuk belajar AN apa saja sih ?
    thanks :)

    BalasHapus
  23. halo kak , salam kenal :)
    rencananya aku mau daftar di salah satu universitas di makassar dengan jurusan AN :)
    klo boleh tau' , prospek kerjanya apa aja sih kak ? luas gak ?
    thanks :)

    BalasHapus
  24. haloo ka citra aku maba AN jg loh mohon bimbingannya ya^^

    BalasHapus
  25. halo ka Citra, prospek kerja buat juruaan AN gimana kak, mohon di jawab kakak :)

    BalasHapus
  26. informasi yang menarik....

    semakin tertarik dengan jurusan ini,,,makasi informasinya kak :)

    BalasHapus
  27. Hay,, Smua,, Saya juga calon mhasiswa AN,, calon Tp,,mudah - mudahan cepet selesai opeknya, Kunjungi juga ya blogku chamamii1994.blogspot.com


    082399198061.. Call Me

    BalasHapus
  28. ka, aku peminat AN juga nih :D aku pengen nyoba SNMPTN taun 2014. kira2 nilai apa aja yg jadi jaminan masuk AN? soal nya aku dari kelas ipa sama kaya kaka -_- oiya followback ka @esadisurya :D

    BalasHapus
  29. kak, ini dewi calon maba amin :)
    ehm, bimbang mau milih AN tapi takut nggak enjoy, sama banyak yang bilang kalo lulusan AN itu banyak yg nganggur :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi dewi..skedar share aja :) aku mhs AN jg angktan 2010 pas pertama jg aku ngerasa ga nyaman pasti apalagi kondisinya jd anak kosan..yg paling penting si banyak brtemen saling share diskusi ,dll nanti jg bkal enjoy sendiri..klo mnrut aku AN itu santei bgt mata kuliahnya g bikin mumet..malah asiik berasa jd analis gitu..kbnyakan mmg bner bahas masalh manajemen ,birokrasi gitu..dan kalo masalah nganggur mnrtku si itu balik lg ke dirinya sndiri jg kalo punya keahlian g mgkin nganggur dong..buat diri aku pribadi kerja di pemda stlah lulus itu trget minimal (bukannya sombong ya hehe) tp saking luasnya bidang pkerjaan buat lulusan AN..jgn salah loh kalo mau jd dosen aja kalo kitanya pinter (krna bnyak jg dosen yg g kompeten :D) minimal doktor kalo skrg bisa jd asesor BAN PT loh dan itu scra g lgsng bisa jln2 gratis ibaratnya hehe ..jd pembicara dmna2 ,ngajar dmna2 pokonya bnyak bgt deh ini cm seujung kukunya hehe

      Hapus
  30. kak tanya nih, nilai mapel apa ya yg kira2 dinilai di AN lewat snmptn undangan? ada minat nih

    BalasHapus
  31. hallo kak :)
    perkenalkan nama saya iqbal, saya kls 3 SMA swasta di Yogyakarta.
    saya pengen ngambil jurusan AN di UGM.
    nah tips supaya lolos masuk PTN gmn kak ?

    BalasHapus
  32. Klo pljrnnya gambarannya ky ap?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pelajarannya itu hampir mirip dengan manajemen,tapi lebih cenderung kepada urusaan negara,sprti pengambilan kebijakan yg biasa d'lakukan oleh anggota legislatif maupun eksekutif

      Hapus
  33. Thx ya untuk infonya, berguna banget :) tapi jujur saya rada kesel baca komentar" nya, kalian ank ipa tapi kuliah nya ngambil yg seharusnya bidang ips, kalo kalian makan prodi ipa & ips, trus ank ips makan prodi apa? -_-

    BalasHapus
  34. Thx ya untuk infonya, berguna banget :) tapi jujur saya rada kesel baca komentar" nya, kalian ank ipa tapi kuliah nya ngambil yg seharusnya bidang ips, kalo kalian makan prodi ipa & ips, trus ank ips makan prodi apa? -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. IPA atau IPS sama saja. tergantung dri Skill dan keinginanannya sprti apa!!!

      Hapus
  35. saya jg anak ipa..tp masih bimbang mau jurusan apa,,abang saya nyuruhnya masuk administrasi negara..tp saya masih bngung ntar kalo tes sbmptn kira kira soalnya ipa atau ips?? apalagi saya yang basic nya d ipa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. soal tesnya itu tergantung dari jurusan apa yang d'ambil dan jurusan trsbut masuk katgori apa. kalau administraasi negara itu masuk kategori IPS.jdi, soalnnya juga IPS!!! tp,,,yg lbih penting adalah prolehan nilai dari keseeluruhan soal IPS itu cuma 30%,siasnya adalah tes kemampuan dasar(matematika,B.INDO,B.ING)30%,dan Tes Potensi Akademik(TPA) itu 40%. contonya jika memilih Adm.Negara UNHAS Makassar yg Passing Gradenya 42%,,,cukup hanya menjawab benar seluruh soal TPA dan TKD yg jumlah keduanya adalah 70%,kmu sdhaa bisa mngntongi kelulusan d'jurusan Adm.Negara,,,tpi,,hrus brsaing dengan psrrta lain yang juga memilih jrsan AN.

      Hapus
  36. susah gk sih ,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung kemauan dan usaha!!!

      Hapus
  37. Hahaha gak konsisten bgt anak ipa tp masuk ips..mubajir dong bljr rumus,singkatan2 kimia sama hapalan biologi..tp sukses deh kalo udah jd yg ngurusin negara harus berubah jd orang KONSISTEN!:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. konsisten atau tidak konsisten itu penndapat abstrak.
      kalau menurut saya sih sang calon pemimpin juga butuh ilmu penunjang lain untuk ngurusin negara. itulah mengapa pemerintah yang berkualitas harus mempunyai wawasan yang luas dadlam segala aspek. contohnya saya yang berasal dari jurusan IPA dan sya juga punya dasar ilmu di bidang komputer,listrik dan fisika.dan sekaraang kuliah di ADM.Negara.yah, kalau sudah lulus yah bisa jadi pegawai tata usaha PLN bahkan bisa jadi MENKOMINFO .kan udah punya dasar d'bidang IT.

      Hapus
  38. hallo kak !!
    kak aku minat banget sama AN tapi aku lulusan keagamaan..hehee
    emang sih terlalu banting stir,,setelah liat prospek-prospek nya jadi kepengen banyak lowongan bwt krjanya nanti,,
    tolong dong kak kasih solusinya terlalu susah gak bwt jurusan keagamaan..???

    BalasHapus
    Balasan
    1. jurusan d'sni tdk trlalu d'perhatikan. yang penting adik bisa lulus tes tertulis pada SBMPTN nnti. pegalaman saya juga punya teman angkatan d'Jurusan AN UNHAS makassar juga dari jrusan sastra arab pada saat SMA dlu, tpi dia bisa lulus juga d'AN.

      Hapus
  39. SALAM ADMINISTRASI NEGARA...
    Saya Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara- FISIP-UNHAS(Universitas Hasanuddin Makassar)....
    Tulisannya sangat menginspirasi....
    Salam Kenal Senior!!!

    BalasHapus
  40. Salam kenal kak :)
    Saya febi , insya allah calon AN , cuma masih galau galau gitu ka , bingung takut ga bisa , saya juga dari IPA mau nyoba banting stir ke IPS tapi takut gagal.
    Minat sih ke AN cuma masih bingung aja nanti cara kerjannya gimana

    BalasHapus
  41. Saya juga Mahasiswa FISIP Prodi Administrasi Negara

    Saya memilih Administrasi Negara karena ini adalah pilihan hati saya

    hehehe... :D

    Salam Sejahtera Mahasiswa Administrasi Negara diseluruh Indonesia :)

    BalasHapus
  42. Assalamualaikum kak, salam kenal dari saya ^^
    ngomong-ngomong nih, persyaratan utk mjd mahasiswa calon AN itu apa saja ya, kak? trs, kalo pake kcmt, ditolerir brp D?
    Makasih kak, bls ya :v

    BalasHapus
  43. haiii sobat,, bagus artikelnya,,
    saya mahasiswa Magister Adm Publik UNDIP nihh,,,
    ilmu adm Publik Itu bidang kajiannya luas apa lagi prospek kerjanya dmn aja, dari tmn2 yg gak lajut S2, bnyak di RS swasta, BANK, Perusahaan dan PNS dan Dosen insyallah saya nanti,hee

    BalasHapus