Senin, 04 April 2011

Proses dan Hasil

5 talenta menghasilkan 5 talenta itu wajar dan memang seharusnya  dan ketika kita mendapat lebih dari itu, jangan berbangga hati karena itu bonus yang dari padaNya yang selanjutnya disebut Anugerah =)


Bersyukur masih boleh diingatkan kembali tentang iman di PD kemarin . Beriman dengan berbuat . Beriman berarti hanya ada satu kata yaitu YA . YA untuk percaya dan melakukan setiap apa yang akan direncanakan oleh Tuhan .

Khotbah kemarin diambil dari perumpamaan tentang biji talent (Matius 25). Yang menghasilkan hasil yang berbeda beda , ada 2 talenta , 5 talenta dan ada yang tidak menghasilkan talenta .


Yang mau dilihat disini bukan masalah seberapa banyak hasil yang diperoleh oleh yang punya talenta .Tapi bagaimana kita berPROSES dalam mengerjakan talenta itu , berproses dengan mengIMANI setiap tanggung jawab yang diberikan kepada setiap kita .Sekecil apa pun itu perkaranya .Dan ketika kita mendapat yang lebih dari yang kita harapakan (positif) itu bukan karena kehebatan kita , tapi sadarilah itu adalah bonus dan anugerah yang Dia berikan .

Berbicara antara proses dan hasil, aku punya opini sendiri tentang itu . Dari kecil mungkin kita telah diajarkan cara menyelasaikan persoalan matematika dengan menggunakan "jalan" . Dan terkadang tidak sedikit guru memberika  point lebih ketika muridnya mencantumkan "jalan" nya . Kenapa hal itu terjadi ?

"jalan" atau pun proses itu sangat penting . Bukan berarti aku mengesampingkan nilai dari sebuah hasil . Ya, hasil itu juga penting . Namun setiap manusia bisa mendapat HASIL YANG SAMA , tapi bagaimana dengan proses ? Hasil sama bukan berarti proses juga sama . Dan ketika ada seseorang menghargai sebuah hasil , prosesnya lah yang patut untuk dipertanyakan . Begitu juga sebaliknya, apabila ada seseorang kecewa terhadap sebuah hasil , mari evaluasi tentang prosesnya.

Nah,Mungkin aku sendiri belum cukup mampu untuk menjabarkan tentang iman dan perbuatan . Apalagi tentang iman kristen yang berbicara tentang "Engkau percaya maka engkau akan mengerti" , jelas itu prinsip yang sangat berbeda dengan manusia duniawai yang melihat dulu baru percaya .

Tapi yang jelas , ketika engkau PERCAYA terlebih dahulu , maka urusan Tuhan untuk membantumu menunjukkan jalan atas setiap persoalan mu . Tugas mu adalah percaya dan lakukan !

Jesus bless :)

PS : Terimakasih ya Tuhan , aku mampu menyelesaikan tulisan ini disaat aku sendiri sedang mengalami kekecewaan . dan aku tetap mampu percaya kepadaMu . aku bersyukur untuk itu .

2 komentar:

  1. nice :-) motivasi yang baik dan sekaligus berkat bagi yang membaca...

    BalasHapus
  2. terimakasih :)sekedar berbagi apa yang udah aku dapat :)

    BalasHapus