Selasa, 31 Mei 2011

Pancasila Pribadi Bangsaku

".. Garuda Pancasila , akulah pendukungmu . Patriot proklamasi. Sedia berkorban untukmu . Pancasila dasar negara, rakyat adil  makmur sentosa . Pribadi bangsaku , ayo maju..."

Lagu yang  terdengar dinyanyikan ketika kau mengerjakan soal uas di B.301 . Haaah, sudah sangat lama rasanya tidak mendengar lagu itu.


Pancasila di mataku
Pancasila sendiri sewaktu saya sekolah itu diajarkan sebagai FALSAFAH BANGSA Indonesia. Pancasila sampai sekarang masih 5 butir.

1. Ketuhanan Yang Maha Esa
Indonesia merupakan negara yang mengakui adanya TUHAN . 


2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
Watak orang Indonesia yang menjunjung tinggi keadilan dan beradab . Keadilan disini BUKAN BERARTI SAMA RATA , namun sesuai dengan porsinya .

3. Persatuan Indonesia
Tidak ada yang bisa memisahkan Bangsa Indonesia ! NKRI HARGA MATI

4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
Bahwa kepemimpinan dasar dari memutuskan pesoalan di Indonesia berazaskan permusyawaratan perwakilan.

5. Keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
Segala sesuatu yang diusahakan oleh pemerintah adalah untuk mesejahterahkan bangsa Indonsia sendiri.

Uniknya Pancasila

Bahwa Pancasila mempunyai keunikan tersendiri . Coba perhatikan dari sila pertama ke sila ke 5 semuanya saling berkesinambungan . Bahwa pada hal pertama Indonesia berlandaskan kepercayaan adanya TUHAN selanjutnya , karena kepercayaan itu kita menjadi manusia yang beradab yang mungkin telah diatur dimasing masing agama. Dan ketika kita sudah adil dan beradab maka kita akan menjadi satu dan tidak gampang dicerai berai  karena "keadilan dan keberadaban" yang kita punya. Selanjutnya karena kita beradab makanya kita pasti menjadi masyarakat yang berintegritas dalam memimpin rakyat dengan memegang teguh tentang hikmat dan kebijaksanaan dan yang terakhir semua hal itu silakukan hanya untuk mejadikan rakyat Indonesia untuk adil makmur dan sejahtera dalam sila ke 5 Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Terlalu sempurna pancasila untuk dijabarkan , tapi tidak terlalu mustahil Pancasila itu apabila di amalkan..

Selamat ulang tahun PANCASILAKU !
Pancasila , Pribadi Bangsaku
-Pemudi Indonesia-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar