Rabu, 25 Mei 2011

Perjuangan untuk Sekolah !

Mengutip judul dari Surat kabar Kompas Online bercerita tentang “Perjuangan untuk Bersekolah”
                
Sekarang jam 01.01 pagi, dan aku masih saja berkutat dengan laptop ku untuk belajar memepersiapkan UAS ku besok (ketahuan SKS kan heheh). Dengan rasa ingin tahu tentang berita terkini terutama dalam bidang edukasi , tanganku terlalu gatal untuk membuka kompas.com . dan alhasil inilah yang aku lihat tentang keadaan perjuangan untuk menggapai pendidikan di sebagian daerah saudaraku sebangsa di sana..




Jujur aku nggak tau harus ingin berkomntar apa disini, tentang perjuangan anak SD yang harus melewati sungai dan rintangan yang belum tentu orang kota mau melakukannya. Dan itu semu demi satu kata ! Demi Pendidikan yang diraih . Dan demi INDONESIA yang LEBIH BAIK .



Teringat aku tentang film Denias : " Senandung di atas Awan" bagaimana perjuangan seorang anak Papua yang ingin sekali mengecap pendidikan . Aku terkadang malu pada diriku sendiri ketika menonton film itu . Semangatku untuk mengecap pendidikan yang maksimal terkadang tak lebih baik  dari mereka saudara sebangsaku yang jauh disana .

Bercerita sedikit tentang film Denias "Senandung di atas Awan", ada beberapa scene yang membuat aku terharu dan makin menyadari betapa aku harus lebih dari mereka disana ! Terdapat scene anak anak Papua yang menunggu kedatang SERAGAM SEKOLAH . Karena di sana sangat sulit untuk mendapatkan barang seperti itu . Dan ketika untuk pertama kali seragam itu datang , mereka memakai SERAGAM itu SAMPAI DIBAWA TIDUR , lengkap dengan TOPI dan DASINYA ! Ya Tuhan , betapa berharganya hal itu dimata mereka . Jikalua kubayangkan dengan keadaan ku sewaktu aku SD , tiap tahun bahkan setiap triwulan pasti selalu ganti dan menganggap itu hal yang biasa .Belum lagi untuk menempuh pendidikan harus mampu melewati gunung dan lembah itu . Berbeda dengan aku dulu yang jalan sekitar 5 menit saja sudah mengeluh .

Mungkin hal ini seharusnya bisa jadi tamparan kasar buat orang orang yang masih menyia-nyiakan kesempatan dalam belajar . Tidak taukah mereka seberapa beruntungnya mereka sekarang !
Renungkanlah !

6 komentar:

  1. ada orang yang bilang penghargaan akan timbul seiring dengan seberapa besar perjuangan untuk mendapatkannya.. Yah, mungkin itulah kebenaran orang sekarang dalam mengecap sebuah kata pendidikan. Nice writing, cit.. Lewat tulisanmu mudah-mudahan banyak yang lebih paham tentang sisi lain diluar dirinya.... GB..

    BalasHapus
  2. @ bang nando : aaaaaaaah, jadi malu aku bang kau baca tulisan ku yang tak seberapa ini hahaha. Yah, semoga setiap apa yang aku tuangan lewat coretanku yang tak seberapa ini mudah mudahan bisa menjadi bahan refleksi betapa beruntungnya kehidupan kita. GB :)

    BalasHapus
  3. mbak citra kira2 ada videonya g y??

    BalasHapus
  4. buat ade prabowo : silahkan di klik kalimat denias nya yang berwarna orange, disana tersedia link untuk ngedownload film tersebut :)

    BalasHapus
  5. terkadang kita merasa sudah pintar ,hingga kita tidak mengingat dan tau ,betapa kerasnya perjuangan saudara kita dalam menggapai cita-cita mereka .

    BalasHapus
    Balasan
    1. @dteguh swy : hmm, iya bener.. terlalu banyak orang yang udah nyia2in pendidikan..

      Hapus